Dalam beberapa tahun terakhir, kita sudah melihat banyak game Live Service bermunculan dari berbagai perusahaan. Beberapa berhasil besar, namun tak sedikit juga yang gagal dan harus ditutup dengan cepat. CEO Warframe, Steve Sinclair, pun memberikan pandangannya terkait tren ini.
Menurut Sinclair, para Publisher game besar terlalu mudah menyerah terhadap game Live Service yang mereka kelola. Mereka cenderung menutup game dengan cepat tanpa memberikan kesempatan untuk berkembang. Sinclair merasa bahwa para Publisher hanya memikirkan aspek finansial semata tanpa melihat potensi jangka panjang dari sebuah game.
Sinclair juga menyayangkan sikap para Publisher yang cenderung takut dan mudah menyerah. Mereka terkesan hanya fokus pada angka penjualan dan keuntungan, tanpa melihat nilai dari komunitas yang telah dibangun atau teknologi yang telah dikembangkan dalam game tersebut.
Menurut Sinclair, ada banyak game Live Service yang memiliki potensi besar namun terpaksa ditutup karena sikap mudah menyerah dari para Publisher. Hal ini tentu saja mengecewakan bagi para penggemar game yang telah berinvestasi waktu dan uang dalam game tersebut.
Dengan demikian, Sinclair berharap para Publisher dapat lebih bersabar dan memberikan kesempatan bagi game Live Service untuk tumbuh dan berkembang. Jangan terlalu fokus pada angka penjualan semata, tapi lihatlah nilai jangka panjang dari sebuah game.
Bagaimana pendapat kalian mengenai pandangan Sinclair? Apakah kalian setuju bahwa para Publisher game besar terlalu mudah menyerah terhadap game Live Service yang mereka kelola? Semoga para Publisher dapat belajar dari pandangan Sinclair dan memberikan kesempatan bagi game Live Service untuk berkembang secara optimal.